Rabu, 16 September 2009

Do'a-doa dalam Alqur'an

DOA-DOA DALAM AL-QUR’AN

Doa-doa yang terdapat dalam Al-qur’an sangat baik untuk diikuti dan diamalkan oleh umat islam karena diajarkan oleh para nabi, kecuali do’a yang dipanjatkan oleh iblis ketika ia membangkang perintah Allah untuk sujud kepada Adam, karena ia ingin menyesatkan manusia dari jalan Allah.

Doa-do’a

1. Q.S. 1:6,7

Ihdinashirootolmustaqiim. Shirootolladzii na an’amta’alaihim, ghoiril maghdhuubi’alaihim,waladhoolliiin.

“(6)Tunjukilah kami ke jalan yang lurus. (7)Yaitu jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya;bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan (bukan pula) jalan mereka yang sesat.”

2. Q.S. 2:67

A’uzubillaahi an akuunaminaljaahiliin

“aku berlindung kepada Allah agar tidak termasuk orang-orang yang bodoh”

3. Q.S.2:127,128,129

(127)Robbanaa taqobbalminnaa,innaka antassami ’ ul’aliim.

“Yaa Allah Pemelihara kami, terimalah amal dari kami, sungguh Engkaulah Yang Maha Mendengar, Maha Mengetahui”

(128)Robbanaa waj’alnaamuslimaini laka wamin dzurriyyatinaa ummatan muslimatan laka,wa arinaa manaasikanaa watub’alainaa,innaka antattawwaburrohiim.

“Yaa Allah Pemelihara kami,jadikanlah kami orang yang berserah diri kepada-Mu dan anak cucu kami( juga) orang yang berserah diri kepada-Mu dan tunjukkanlah kami cara-cara melakukan ibadah kami dan terimalah taubat kami. Sungguh Engkaulah yang Maha Penerima taubat Maha Penyayang.”

(129)Rabbanaa wab’ats fiihim rasuulan-minhum yatluu ‘alaihim aayaatika wayu’allimuhumul kitaaba walhikmata ayuzakkiihim,innaka antal ‘aziizul hakim(u).

“Ya Allah Pemelihara kami, utuslah diantara mereka seorang rasul dari kalangan mereka sendiri yang akan membacakan mereka ayat-ayatMu dan mengajarkan kitab dan hikmah kepada mereka, dan menyucikan mereka, sungguh Engkaulah yang Maha Perkasa, Maha Bijaksana.”

4. Q.S. 2:201

Rabbanaa aatinaa fiddun-yaa hasanatan-wafil aakhiroti hasanatan-waqinaa ‘adzaaban naar.

“Ya Allah Pemelihara Kami, berilah kami kebaikan didunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka.”

5. Q.S. 2:250

Rabbaba afrigh ‘alainaa shabran-watsabbit aqdaamanaa wanshurnaa ‘alal qaumil kaafiriin(a).

“ya Allah Pemelihara kami, tuangkanlah kesabaran atas diri kami, dan koohkanlah pendirian kami dan tolonglah kami terhadap orang-orang kafir.”

6. Q.S. 2: 286

Rabbanaa laa tuaakhidznaa in nasiinaa au akhtha naa, rabbanaa wa laa tahmil ‘alaina ishran kamaa hamal tahuu ‘alallazina min qablinaa, rabbanaa walaa tuhamminlnaa maa laa thaaqata lanaa bih(ii), wa’fu’annaa, waghfirlanaa,warhamnaa, antamaulaanaa fanshurnaa ‘alal qaumil kaafiriin(a).

“Ya Allah Pemelihara kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami bersalah, Ya Allah Pemelihara kami,janganlah Engkau bebeankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-oran sebelum kami, Ya Allah Pemelihara kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya, beri ma’aflah kami, ampunilah kami dan rahmatilah kami, Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.”

7. Q.S. 3: 8

Rabbanaa laa tuzigh quluubanaa ba’da idz hadaitanaa wahab lanaa min-ladunka rahmah(tan), innaka antal wahhab(u).

“Ya allah Pemelihara kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau, karena sesungguhnya Engkaulah Maha Pemberi (karunia).”

8. Q.S. 3:16

Rabbanaa innanaa aamannaa faaghfirlananaa dzunuubanaa waqinaa ‘adzaaban naar(i).

“Ya allah Pemelihara kami, sesungguhnya kami telah beriman, maka ampunilah segala dosa kami dan peliharalah kami dari siksa api.”

9. Q.S. 3:36

Rabbi innii wadha’tuhaa untsaa, wallahu a’lamu bimaa wadha’at, walaisadz dzakaru kal untsaa, wainnii sammaituhaa maryama wainnii u’iidzuhaa bika wadzurriyyatahaa minasy syaithaanir rajiim(i).

“Ya Allah Pemeliharaku, sesungguhnya aku melahirkan anak perempuan, dan Allah lebih tahu apa yang dilahirkannya itu dan anak laki-laki (yang ia nadzarkan itu) tidaklah seperti anak perempuan (yang ia lahirkannya) sesungguhnya aku telah menamai dia Maryam dan aku melindungkannya serta anak-anak keturunannya kepada Engkau dari pada Syaitan yang terkutuk.”

10. Q.S. 3:38

Rabbah(uu), qaala rabbi hab lii minlanduka dzurryyatan thayyiba(tan),innaka samii’ud di’aa(i).

“Ya Allah Pemeliharaku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik , sesungguhnya Engkau Maha Memperkenankan do’a”

11. Q.S. 3:53

Rabbanaa aamannaa bimaa anzalta wattaba’nar rasuula faktubnaa ma’asy syahidiin(a).

“Ya Allah Pemelihara kami, kami telah beriman kepada apa yang telah Engkau turunkan, dan kami telah mengikuti rasul, karena itu maka catatlh kami bersama orang-orang yang menjadi saksi .”

12. Q.S. 3:147

Rabbanaghfirlanaa dzunuu banaa wa-israafanaa fi amrina watsabbit aqdaamanaa wanshurnaa ‘alal qaumil kaafiriin(a).

“Ya Allah Pemelihara kami, ampunilah dosa-dosa kami dan (tindakan) kami yang berlebih-lebihan dalam urusan kami, dan tetapkanlah pendirian kami, dan tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.”

13. Q.S. 5:114

“Ya Allah Pemelihara kami, turunkanlah epada ami hidangan dari langit ( yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami, yaitu bagi orang-orang yang sekarang bersama kamimaupun yang datang setelah kami dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau;berilah kami rezeki, dan Engkaulah sebaik-baik Pemberi rezeki.”

14. Q.S. 7:23

“Ya Allah Pemelihara kami , kami telah menzalimi diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang rugi.”

15. Q.S. 7:126

“Ya Allah Pemelihara kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami dan wafatkanlah kami dalam keadaan muslim ( berserah diri kepada-Mu).”

16. Q.S. 7:143

“Ya Allah Pemeliharaku, tampakkanlah (diri-Mu) kepadaku agar aku dapat melihat Engkau.”…………

“Maha Suci Engkau, aku bertobat kepada Engkau, dan aku adalah orang yang pertama-tama beriman.”

17. Q.S. 7:151

“Ya Allah Pemeliharaku,ampunilah aku dan saudaraku dan masukkanlah kami kedalam rahmat Engkau, dan Engkau adalah Maha Penyayang dari semua penyayang.”

18. Q.S. 7:155

“ Ya allah Pemeliharaku, jika Engkau Kehendaki tentulah Engkau Binasakan mereka dan aku sebelum ini. Apakah Engkau akan membinasakan kami karena perbuatan orang-orang yang kurang akal diantara kami? Itu hanyalah cobaan dari-Mu, Engkau sesatkan dengan cobaan itu siapa yang Engkau kehendaki dan Engkau Beri petunjuk kepada siapa yang Engkau Kehendaki. Engkaulah Pemimpin kami. Maka ampunilah kami dan berilah kami rahmat. Engkaulah Pemberi ampun yang terbaik.”

19. Q.S. 10:85,86

“ Ya Allah Pemelihara kami, janganlah Engkau jadikan kami (sasaran) fitnah bagi kaum yang zalim.

20. Q.S. 11:47

“ya Allah Pemeliharaku, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu untuk memohon kepada-Mu sesuatu yang aku tidak mengetahui hakikatnya, kalau Engkau tidak Mengampuniku dan tidak Menaruh belas kasihan kepadaku, niscaya aku termasuk orang yang rugi.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar